GELEGOP Makanan Berbahan Dasar Sagu

GELEGOP
Adalah salah satu dari sekian banyak menu makanan berbahan dasar Sagu
#PanganBijakNusantara #PanganLokal #PanganSehat #PanganAdil #PanganLestari #Untukkitadanbumi

Pernahkah anda mendengar kata Gelegop?
Oleh masyarakat  Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti,  Gelegop merupakan sebutan masyarakat lokal untuk menu makanan yang berbahan dasar tepung sagu. Menu makanan ini dipercaya bisa memulihkan tenaga sehabis melakukan pekerjaan berat, misalnya habis pesta pernikahan dan acara-acara yang melibatkan banyak orang. Sayangnya menu yang enak, mengenyangkan dan mudah membuatnya ini jarang di jumpai dikedai-kedai  yang menjual makanan dan minuman, baik di Sungai Tohor sendiri ataupun di kota Kabupaten.

Tidak tahu pasti kenapa menu yang satu ini dinamakan Gelegop. Namun menurut cerita dari orang-orang tua dahulu, asal mula penamaan Gelegop ini karena saat menelan gumpalan sagu yang bercampur dengan santan dan gula aren ini menimbulkan bunyi Cegluk saat masuk dalam kerongkongan, sehingga dari bunyi cegluk inilah akhirnya menu makanan ini di sebut Gelegop.

Bahan Dasar Gelegop

Gelegop sagu sangat cocok di makan saat cuaca panas dan disantap beramai-ramai. Lembutnya gumpalan pati Sagu yang berasa gurih dan manis karena dicampur dengan santan kelapa, gula aren dan es batu terasa sangat enak dan menimbulkan sensasi dingin saat melewati kerongkongan. Anda tentunya sangat penasaran kan, bagaimana cara membuat gelegop sagu ini?

Berikut cara untuk membuat menu olahan sagu yang satu ini :


  • Tepung Sagu kering di larutkan dalam air santan, di beri daun pandan dan dididihkan dalam panci sambil diaduk-aduk terus. Bila sudah mengental dan adonan berwarna putih bening, lalu di angkat
  • Buat larutan gula aren yang di masak dalam panci terpisah dan ditambahkan daun pandan agar aroma menjadi harum
  • Lalu buat santan kelapa dengan memeras kelapa yang sudah di parut dengan menggunakan air masak, proses memerasnya harus memakai sarung tangan plastic/karet ya
  • Gelegop sudah siap dinikmati dengan memasukkan gumpalan pati sagu ke dalam mangkuk/gelas, di beri santan dan larutan gula aren dan terakhir di beri bongkahan es batu. Selamat Mencoba.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.