IMG_5721_edit

Community based Conservation

Hutan mempunyai peran penting dalam mempertahankan kondisi alam, siklus air bumi karena hutan memberikan perlindungan DAS dan mencegah erosi tanah, serta keseimbangan pemanasan global sebagai penyerap karbon. Ekosistem hutan berfungsi sebagai habitat untuk beragam spesies tanaman dan hewan. Selanjutnya, hutan berfungsi sebagai rumah bagi banyak masyarakat adat di Asia. Masyarakat adat memiliki hubungan  yang alamiah dengan hutan.

Hari ini, hutan telah kehilangan fungsinya baik langsung atau tidak langsung yang berhubungan dengan hutan, dari produk yang kita gunakan, hingga kegiatan yang kita lakukan. Namun, tutupan hutan dunia terus mengalami penurunan selama beberapa dekade terakhir akibat kegiatan eksploitatif yang disebabkan oleh manusia.

Bekerja dengan masyarakat melalui penggunaan yang seimbang dan pengelolaan hasil hutan bukan kayu (HHBK) tidak hanya memelihara hubungan mereka dengan hutan, tetapi juga dapat memberikan insentif yang kuat untuk terlibat dalam konservasi hutan melalui mata pencaharian bagi kebutuhan hidup mereka.

Hasil hutan bukan kayu (HHBK) merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan.

NTFP EP Testimoni

Linking People and Forests