IMG_4267_edit

Sustainable Community Livelihood

Hutan telah bermurah hati mendukung masyarakat adat dan masyarakat dengan sumber daya seperti hasil hutan bukan kayu (HHBK). Usaha berbasis masyarakat telah membantu tidak hanya dalam mempertahankan mata pencaharian sehari-hari masyarakat sebagai penghasilan tambahan tetapi juga dalam mengamankan hak atas hutan dan mengembangkan sistem manajemen terhadap pemanenan berkelanjutan dan menguntungkan dari sumber daya hutan. Namun, inisiatif usaha komunitas seringkali kurang memenuhi kebutuhan pasar atau, kurangnya jaringan ke pasar yang tepat.

Penggunaan HHBK dan pengembangan usaha hasil hutan yang berdampak rendah adalah strategi untuk meningkatkan penghasilan. Kami berkeinginan usaha berbasis komunitas sebagai sarana untuk tidak hanya meningkatkan mata pencaharian tetapi juga untuk meningkatkan manfaat ekonomi bagi rumah tangga dan untuk mempromosikan sistem manajemen sumber daya berkelanjutan di mata pencaharian masyarakat.

Hasil hutan bukan kayu (HHBK) merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan.

NTFP EP Testimoni

Linking People and Forests