Lowongan Notaris untuk Pengurusan Akte Pendirian Koperasi Beras Pandan Wangi, Cianjur

Beras Pandan Wangi

NTFP-EP Indonesia adalah organisasi non pemerintah yang bekerja dengan masyarakat berbasis hutan untuk memperkuat kapasitas mereka dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan. Saat ini kami sedang mencari Notaris untuk Pengurusan Akte Pendirian Koperasi Beras Pandan Wangi yang berada diwilayah kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Syarat dan ketentuan :

Tanggal                       : 20 September 2021  –  20 November 2021

Durasi kontrak          : 2 bulan

Wilayah kerja            : DKI Jakarta dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (online dan offline)

Laporan ke                 : Manajer Proyek

Latar Belakang 

Proyek Local Harvest, SWITCH Asia adalah proyek yang bertujuan mempromosikan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, menciptakan kesejahteraan ekonomi dan mengurangi kemiskinan di Indonesia dengan mendukung perubahan konsumsi dan perubahan sistem produksi di tingkat kelompok-kelompok petani dan UMKM untuk produk lokal, adil, sehat dan lestari. Dengan mendorong tersedianya produk yang lokal dan sehat untuk konsumen dan lestari bagi lingkungan, meningkatnya perdagangan yang adil bagi produk pertanian mendukung konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, dan menciptakan kondisi yang menguatkan posisi produsen dan memberikan pilihan kepada konsumen melalui rantai suplai penjualan yang lebih pendek dan adil untuk kelestarian lingkungan.

Proyek ini di implementasikan oleh Konsorsium Pangan Bijak Nusantara, yaitu: HIVOS, AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), ASPPUK (Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil), NTFP-EP (Non Timber Forest Product-Exchange Program) Indonesia and Yayasan WWF Indonesia di 8 propinsi (14 Kabupaten) dan 5 kota di Indonesia dengan periode waktu 4 tahun dimulai pada 1 Maret 2018.

Koperasi merupakan wadah legal yang dibutuhkan para petani padi Cianjur agar dapat melancarkan semua aktitas bersama anggotanya. Calon koperasi yang akan didirikan adalah koperasi petani yang menghasilkan produk beras Cianjur yang sudah mempunyai Indikasi Geografis. Beras merupakan salah satu  komoditas dari 7 (tujuh) komoditas yang di dorong untuk di produksi dan di konsumsi berkelanjutan dengan menerapkan 4 nilai lokal, sehat, adil dan lestari oleh proyek Local Harvest.

Di era pandemi ini, disebagian sektor mengalami penurunan dan sektor pertanian harus tetap ada dan berkembang. Kesadaran konsumen atas produk yang sehat mengalami peningkatan sehubungan dengan makin meningkatnya kesadaran konsumen akan produk lokal yang sehat terutama beras. Salah satu unsur untuk meningkatkan jumlah produksi serta meluaskan akses pasar adalah terbentuknya wadah yang legal.Beras asli Pandan Wangi Cianjur merupakan jenis padi lokal di kabupaten Cianjur yang perlu dilestarikan keberadaannya, sehingga diharapkan dengan adanya Koperasi akan memudahkan  upaya untuk meningkatan penjualan di pasar yang sudah ada dan memperluas pemasaran produk.  Nilai nilai lokal, sehat, adil dan lestari memperbesar peluang untuk menembus pasar-pasar khusus seperti pasar produk lokal, produk sehat, pasar yang berkeadilan dan pasar hijau yang bersifat off-line dan on-line dalam menyokong perkembangan serta minat petani padi lokal yang sudah mulai menurun jumlahnya.

Notaris dipilih dan  dibutuhkan untuk  memproses legalkan kelompok tani sesuai aturan hukum yang berlaku diwilayah Indonesia sehingga aspek legal para petani terpenuhi.

Tujuan

Melakukan proses legal sehingga terbentuk badan hukum Koperasi.

Hasil

  1. Akte Pendirian Koperasi
  2. Surat Keputusan Kemenkumham Koperasi
  3. Perizinan Lengkap

Waktu

Proses dilakukan selama 2 bulan mencakup persiapan dokumen hingga penerbitan Akte Pendirian

Kualifikasi

  1. Memiliki semua izin kelengkapan Notaris
  2. Pengalaman dalam proses pendirian koperasi

Prosedur aplikasi :

Bagi pemohon yang berminat dapat mengirimkan dokumen sebagai berikut:

  1. Kelengkaan izin notaris
  2. Proposal 1 paket pengurusan akte pendirian Koperasi

Dokumen dikirimkan melalui email [email protected] selambat-lambatnya 13 September 2021 dengan menempatkan posisi dibaris subjek. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu. Aplikasi yang diterima setelah batas waktu tidak akan diproses.