Program

Tenure Right and Governance

Sebagai pihak yang berhubungan langsung dan alami dengan hutan, masyarakat mempunyai peran penting dalam melindungi itu. Namun, meskipun hubungan masyarakat dan hutan yang sudah waktu, pembentukan hukum kepemilikan, penggunaan, dan perlindungan yang belum diperbaiki. Pentingnya kerangka hukum dan kebijakan mengenai hak atas hutan tidak bisa lebih ditekankan jika tidak membangun dasar pengelolaan hutan yang efektif.

read more
Indigenous food and health

HHBK dikenal sebagai sumber makanan pokok dan obat-obatan oleh masyarakat yang tinggal disekitar hutan. Pemanenan secara tradisional dari hhbk, berburu, dan memancing adalah bagian penting dari pertanian dan memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, HHBK merupakan bagian penting dalam sistem kesehatan tradisional terutama dalam pengobatan tradisional.

read more
Sustainable Community Livelihood

Hutan telah bermurah hati mendukung masyarakat adat dan masyarakat dengan sumber daya seperti hasil hutan bukan kayu (HHBK). Usaha berbasis masyarakat telah membantu tidak hanya dalam mempertahankan mata pencaharian sehari-hari masyarakat sebagai penghasilan tambahan tetapi juga dalam mengamankan hak atas hutan dan mengembangkan sistem manajemen terhadap pemanenan berkelanjutan dan menguntungkan dari sumber daya hutan. Namun, inisiatif usaha komunitas seringkali kurang memenuhi kebutuhan pasar atau, kurangnya jaringan ke pasar yang tepat.

read more
Community based Conservation

Hutan mempunyai peran penting dalam mempertahankan kondisi alam, siklus air bumi karena hutan memberikan perlindungan DAS dan mencegah erosi tanah, serta keseimbangan pemanasan global sebagai penyerap karbon. Ekosistem hutan berfungsi sebagai habitat untuk beragam spesies tanaman dan hewan. Selanjutnya, hutan berfungsi sebagai rumah bagi banyak masyarakat adat di Asia. Masyarakat adat memiliki hubungan yang alamiah dengan hutan.

read more

Hasil hutan bukan kayu (HHBK) merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan.

NTFP EP Testimoni

Linking People and Forests