Lowongan Konsultan Design dan Layout Handbook Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS)

Design Handbook PGS

NTFP-EP Indonesia adalah organisasi non pemerintah yang bekerja dengan masyarakat berbasis hutan untuk memperkuat kapasitas mereka dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan. Saat ini kami sedang mencari Konsultan Design dan Layout Handbook Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS).

Syarat dan ketentuan :

Tanggal                       : 5 Oktober – 5 Desember 2021

Durasi kontrak          : 2 bulan

Laporan ke                 : Manajer Proyek

 

Latar Belakang

Proyek Local Harvest, SWITCH Asia : Merupakan proyek yang di danai oleh Uni Eropa untuk mempromosikan konsumsi yang berkelanjutan dan berkeadilan dan sistem pangan local. Proyek ini di implementasikan oleh HIVOS dan mitra yaitu : AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), ASPPUK (Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil), NTFP-EP (Non Timber Forest Product-Exchange Program) Indonesia and Yayasan WWF Indonesia di 8 propinsi (14 Kabupaten) dan 5 kota di Indonesia dengan periode waktu 4 tahun dan dimulai pada 1 Maret 2018.

Proyek bertujuan mempromosikan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, menciptakan kesejahteraan ekonomi dan mengurangi kemiskinan di Indonesia dengan mendukung perubahan konsumsi dan sistem produksi di tingkat kelompok petani dan UMKM untuk produk lokal, adil, sehat dan lestari. Program akan mendorong tersedianya produk yang local dan sehat untuk konsumen serta lestari bagi lingkungan; meningkatnya perdagangan yang adil bagi produk pertanian; mendukung konsumsi dan produksi yang berkelanjutan; dan menciptakan kondisi yang menguatkan posisi produsen; serta memberikan pilihan kepada konsumen melalui rantai suplai penjualan yang lebih pendek dan adil untuk kelestarian lingkungan.

Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) adalah inisisatif sistem penjaminan mutu yang sesuai untuk (pasar/konsumen) lokal, yang menekankan partisipasi para pihak (produsen, LSM, pemerintah lokal, konsumen) dan dijalankan di luar kerangka sertifikasi pihak ketiga (definisi IFOAM, 2008). Sistem penjaminan ini bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang dihasilkan produsen memenuhi standar organik yang berlaku atau disepakati bersama.

Sistem penjaminan ini mendukung dan mendorong kelompok tani untuk bekerjasama dan meningkatkan hal-hal yang terkait dengan praktek pertanian melalui berbagi pengetahuan dan pengalaman. Sistem penjaminan ini juga harus sesuai dengan kondisi budaya dan ekologis serta tradisi setempat, dengan menekankan pada aspek sosial dan lingkungan juga menekankan pada mata pencaharian yang berkelanjutan.

NTFP-EP Indonesia sedang menerapkan Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) di komoditas Sagu, Tengkawang dan Madu. Setiap dokumen yang diperlukan dalam proses penjaminan telah terdokumentasi. Baik berupa standar dan formulir yang diperlukan. Untuk mempermudah petani/produsen pelaku dalam memahami Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) membutuhkan panduan dalam bentuk buku yang sederhana. Sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Tujuan

  1. Design dan layout buku panduan (handbook) Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) bagi produsen/kelompok.
  2. Design dan layout buku standart Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) bagi produsen di komoditas Sagu, Tengkawang dan Madu
  3. Design dan layout buku pengembangan usaha produk yang menggunakan Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS).

Hasil yang diharapkan

  1. Buku panduan (handbook) Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) bagi produsen/kelompok.
  2. Buku standart Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS) bagi produsen di komoditas Sagu, Tengkawang dan Madu

Buku pengembangan usaha produk yang menggunakan Sistem Penjaminan Partisipatif (PGS).

Kualifikasi

  1. Memiliki pengalaman dalam design dan layout buku
  2. Memiliki pengalaman dalam pembuat buku dan ebook

Prosedur aplikasi :

Bagi pemohon yang berminat dapat mengirimkan dokumen sebagai berikut:

  1. Surat lamaran
  2. Ringkasan mengenai pengalaman kerja
  3. Proposal, rencana kerja dan budget

Dokumen dikirimkan melalui email [email protected] selambat-lambatnya 28 September 2021 dengan menempatkan posisi dibaris subjek. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu. Aplikasi yang diterima setelah batas waktu tidak akan diproses.