Pemda Poso Dukung Festival Lembah Lore

PALU EKSPRES, POSO – Pemerintah Kabupaten Poso mendukung pelaksana Festival Lembah Lore dalam pertemuan yang dipimpin oleh sekretaris daerah mewakili Bupati Kabupaten Poso yang dihdiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama panitia Festival Lembah Lore yang dilakukan di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Kamis(31/5).

“Rencana pelaksanaan Festival Lore Lindu seiring dengan yang selalu digencarkan oleh Bupati Poso dalam memperkenalkan seribu megalith yang berada di wilayah lembah lore pada setiap kesempatan. Bahkan mengabadikannya melalui media sosial untuk memperkenalkan megalith yang merupakan salah satu situs tertua didunia,”ungkap Jakson Lakuku, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso.

Ia menyampaikan potensi budaya dan potensi sumberdaya alam yang ada mesti dikembangkan dan diperkenalkan untuk mendorong pembangunan dan peningkatan pendapatan dari sektor pertanian, perkebunan dan wisata

Memang di wilayah lembah lore kaya akan potensi tersebut termasuk budaya dan adat istiadat yang masih terjaga hingga sekarang.

Sementara itu Steering Committee Festival Lembah Lore Thasia Paulina Ginting mengatakan, Festival Lembah Lore dibangun dari kesadaran akan pentingnya ruang bersama untuk mempertemukan produsen, konsumen, dan para pemain pendukung lainnya untuk berinteraksi dan berkolaborasi dalam mempromosikan konsumsi dan pola produksi berkelanjutan di wilayah lembah Lore. Hal ini dikaitkan dengan kearifan lokal dan budaya yang selama ini ada.

Terkait hal itu, Thasia menyebutkan beberapa strategi yang akan digunakan dalam inisiatif festival lembah Lore diantaranya membangun strategi komunikasi dan promosi profesional untuk memperkenalkan produk lokal yang berkelanjutan kepada kelompok sasaran utama, membangun kolaborasi yang produktif dan efektif antara produsen lokal dan pelaku industri.

Selain iti,  juga untuk mempresentasikan kampanye advokasi positif yang menyajikan manfaat sosial, ekologis dan ekonomi dari produk lokal yang berkelanjutan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya serta membangun sistem pemasaran yang efektif dengan menjangkau produk lokal untuk jangka panjang.

“Festival lembah lore ini sendiri mengambil tema merajut tradisi melestarikan alam dan Festival Lembah Lore bertujuan menjadi jalan bagi penghidupan dan community enterprises yang berkelanjutan. Supaya dilihat dan dihargai oleh masyarakat luas untuk mendukung ekonomi lokal sambil menjaga ekosistemnya”ujarnya.

Ia menambahkan, festival lembah Lore memiliki beberapa item kegiatan selain memperkenalkan produk-produk lokal yang digali berdasarkan pengetahuan dan budaya serta adat istiadat masyarakat.

Harapannya, para pihak dapat berkontribusi dan berkoloborasi dalam mendukung potensi serta produk komunitas melalui festival yang akan diselenggarakan.



Leave a Reply

18 − 3 =