NTFP-EP beri pelatihan jurnalistik warga Sigi dan Poso

Palu (Antara) – Non Timber Forest Product Exchange Programme (NTFP-EP) Indonesia memberikan pelatihan jurnalistik warga (citizen jorunalism) kepada 13 peserta dari Kabupaten Sigi dan Poso, Provinsi Sulawesi Tengah atau mereka yang berada di lanskap Sungai Lariang.

Manajer Program Green Livelihood Alliance (GLA) Lanskap Lariang, Thasia Ginting dalam rilisnya, Minggu, mengatakan pelatihan jurnalisme warga bertujuan untuk membekali mereka mengenai ilmu jurnalistik dasar, agar bisa memantau dan melaporkan pengelolaan sumber daya alam (SDA) di Lanskap Lariang.

“Kami melibatkan perwakilan pemuda calon jurnalis warga yang ada di tiga lokasi, yaitu Kulawi, Lembah Pekurehua dan Lembah Bada,” katanya.

Pelatihan itu juga dihadiri oleh LSM pendamping yang bergabung dalam dua konsorsium yaitu ROA (SP, YPAL dam ROA) dan Siklus (Sikap, Karsa dan Imunitas).

Menurut Thasia, pelatih dalam kegiatan itu adalah Ridzki P Sigit yang merupakan Direktur Mongabay Indonesia dan Christovel Paino mantan ketua AJI Gorontalo dan jurnalis senior Mongabay Indonesia.

Kegiatan inti pelatihan yakni pemberian materi, diskusi, dan praktek mengenai jurnalisme warga. Materi yang diberikan diantaranya mencari ide berita, kode etik, teknik menulis, teknik wawancara, dan fotografi berita.

Menurut dia, agar materi yang disampaikan dapat terserap oleh para peserta, maka penyajiannya disertai dengan praktek.

Dalam setiap penyampaian materi, diberikan praktek langsung dan review bersama.

Selain praktek langsung, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.?

“Antusiasme peserta pada pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya serta keaktifan saat praktek berlangsung,” ujar Thasia.

Hasil dari pelatihan diantaranya adalah peserta akan berperan sebagai jurnalis warga. Peserta juga berkomitmen untuk membuat satu berita dalam satu bulan.

Kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan adalah menjadi jurnalis warga dalam Festival Lore yang akan dilaksanakan pada 8-11 November 2018.

Sumber : https://sulteng.antaranews.com/berita/43511/ntfp-ep-beri-pelatihan-jurnalistik-warga-sigi-dan-poso



Leave a Reply

13 + 8 =